Jumat, 11 September 2009

Tips sehat selama puasa

Ni cuy Beberapa tips… agar kita full puasanya… insya allah

1. JANGAN TINGGALKAN SAHUR

Pilih makanan yang berserat dan berprotein tinggi, tetapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

Banyak makan makanan manis di saat sahur akan membuat kta cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat. Insulin berfungsi memasukan gula dari dalam darah kedalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin di keluarkan secara bertahap.Untuk membuat energi dari sahur tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak.

2. JANGAN TUNDA BERBUKA

Saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis.Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instan energi kita yang terkuras seharian.Tetapi,usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

3. MAKANLAH SECARA BERTAHAP

Setelah seharian perut kita tak terisi dan organ cerna, sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar.Baru setelah shalat, kita dapat melanjutkan kembali makan makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk pauknya. Sedangkan sesi makan kecil atau cemilan baru kita lakukan agak malam, setelah (kalau kesempatan aaaada) kita menunaikan shalat tarawih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Lifestyle theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com